Rabu, 12 April 2017

Persamaan dan Perbedaan Mobile Computing

Perbedaan dan persamaan Mobile Computing dengan Cloud Computing

Perbedaan
- Mobile computing menggunakan teknologi mobile untuk menjalankannya seperti handphonea, sedangkan cloud computing menggunakan PC pada umumnya untuk menjalankannya.
- Mobile computing tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya, sedangkan cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa kemana saja.
- Pada mobile computing, proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh user. Pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung.

Persamaan
- Semua data Tersimpan di server secara terpusat, jadi pengguna dapat menyimpan media dengan mudah secara virtual
- Keamanan data, dengan disimpanya lewat server  sehingga keamanan datanya jadi lebih aman.
- Kemudahan data akses, dengan Fleksibilitas yang tinggi membuat dapat diakses kapan dan dimanapun oleh user asal terhubung ke internet.
- Investasi Jangka Panjang, kita dapat menghemat biaya seperti infrastruktur,hardisk,dll akan berkurang karena kita hanya perlu membayar kepada penyedia layanan dengan biaya sesuai kebutuhan kita.

Pengertian Mobile Computing

Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki teknologi secanggih komputer dan mampu melakukan komunikasi walaupun user atau pangguna dari alat tersebut sedang melakukan perpindahan. Teknologi ini juga mencakup  mobile computer atau portable computer yang bisa melakukan komunikasi tanpa kabel atau nirkabel. Alat alat ini bisa berupa alat pendeteksi posisi, alat komunikasi, maupun alat-alat lain yang khususnya dipergunakan untuk berhubungan dan komunikasi.
      Mobile computing juga merupakan teknologi yang dapat melakukan sistem distribusi data saat bergerak bebas dan dapat melakukan koneksi kembali pada lokasi jaringan yang berbeda.

Perusahaan yang menerapkan mobile computing

Blackberry

Dengan adanya BBM(Blackberry Massengger) salah satu fasilitas yang ada di black berry untuk berkomunikasi antara satu sama lain.Fasilitas dari blackberry ini menggunakan PIN code dalam berkomunikasi satu sama lain.PIN code ini hanya untuk membedakan antara blackberry satu dengan blackberry yang lain.PIN code ini terdiri dari 8 digit,yang terdiri dari alphabet dan numerik.Blackberry messenger memiliki beberapa kelebihan antara lain
·          Bisa digunakan untuk melakukan komunikasi berupa chatting
·          Memerlukan biaya yang lebih murah daripada SMS biasa
·          Pesan yang diterima,tidak memenuhi inbox
·          Bisa melakukan chatting dengan grup
sehinga dengan adanya BBM maka perusahaan Blackberry menerapkan mobile compting ke perangkatnya untuk dapat menjalankan Blackberry massengger.

Sumber
https://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing
https://www.tutorialspoint.com/mobile_computing/mobile_computing_overview.htm
https://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
https://azure.microsoft.com/en-in/overview/what-is-cloud-computing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar